• Kamis, 9 Februari 2023

Jadi Investor Crypto? Buruan Pake Ini, Dijamin Jauhkan Diri dari Kerugian

- Jumat, 20 Januari 2023 | 10:28 WIB
Genesis Global Capital, broker crypto institusional, meletakkan dasar untuk pengajuan kebangkrutan, menurut beberapa laporan media.  (Natasya Putri)
Genesis Global Capital, broker crypto institusional, meletakkan dasar untuk pengajuan kebangkrutan, menurut beberapa laporan media. (Natasya Putri)

MUDA BAHAGIA - Menjadi seorang investor dalam bidang crypto tentunya menginginkan keuntungan yang akan didapatkan. Ada berbagai cara yang dilakukan seorang investor untuk menghindari adanya kerugian.

Salah satunya adalah dengan mengakumulasikan crypto untuk investasi dalam jangka panjang. Untuk menjadi seorang investor hendaknya menggunakan tahap seperti menerapkan metode Dollar Cost Averaging (DCA).

Kepala Eksekutif Indodax Oscar Darmawan menilai tahun ini merupakan momen yang tepat bagi investor untuk mengakumulasikan portofolio crypto di harga yang cukup rendah.

Baca Juga: Harga Bitcoin Stabil dan Meningkat: Investasi Sekarang Juga

Salah satu langkah untuk menghindari kerugian investasi crypto adalah dengan penggunaan metode Dollar Cost Averaging (DCA). Metode ini dipercaya mampu untuk memasukkan jumlah nominal yang sama dan rutin, dalam rentang waktu tertentu.

Penerapan metode ini terbilang cukup baik untuk menghindari kerugian bagi para investor. Dengan penggunaan metode ini investor akan terhindar dari Fear Of Missing Out (FOMO), tidak impulsif, investasi sesuai rencana, dan lebih bijak dalam mengatur pengeluaran.

Baca Juga: Siap Kembangkan Motor Listrik Tenaga Hidrogen, Inilah Produk Baru Dari TVS Motor Company

"Dengan membeli crypto menggunakan metode DCA misalnya, investor memiliki uang dingin Rp3 juta. Dibanding membeli Bitcoin langsung dengan nilai yang sama, dengan metode Dollar Cost Averaging, investor membeli Bitcoin secara rutin sebesar Rp 250 ribu setiap bulannya selama satu tahun," ujar Oscar.

Dengan begitu, potensi risiko kerugian akan lebih kecil terlebih jika harga Bitcoin tiba tiba turun. Bahkan, dengan metode DVA tersebut, investor akan cenderung lebih beruntung dalam beberapa momen tertentu.

Baca Juga: Motor Ini Gunakan Mesin V-Twin, Siap Kalahkan Royal Enfield Hunter

"Metode Dollar Cost Averaging, kenaikan profit memang tidak terlalu besar, namun jika kita melihat secara kacamata jangka panjang, ini berpotensi menghasilkan nilai aset yang lebih tinggi," tuturnya.

Tidak hanya untuk investasi jangka panjang, metode DCA adalah cara yang cocok bagi para investor pemula maupun investor yang tidak memiliki waktu luang yang banyak.

"Jadi, bagi para investor yang ingin menggunakan metode dollar cost averaging bisa memulai dilakukan di harga saat ini ketika pasar sedang melemah," jelas dia.

Baca Juga: Apakah Laptopmu Sering Me-Restart Sendiri? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya Yuks

Halaman:

Editor: Tim Editor Muda Bahagia 02

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X