• Kamis, 9 Februari 2023

Siap Kembangkan Motor Listrik Tenaga Hidrogen, Inilah Produk Baru Dari TVS Motor Company

- Jumat, 13 Januari 2023 | 10:37 WIB
Penantang Baru Honda Beat datang dari TVS Motor Company Indonesi (Tangkap Layar/ Youtube YRP Official)
Penantang Baru Honda Beat datang dari TVS Motor Company Indonesi (Tangkap Layar/ Youtube YRP Official)

MUDA BAHAGIA - Kecanggihan alat transportasi rupanya tidak perlu diragukan lagi. Mulai dari kemunculan motor dengan tenaga listrik hingga kini kabar bahwa akan segera hadir motor listrik namun menggunakan tenaga hidrogen.

Seperti yang kita ketahui bahwa perusahaan yang memproduksi kendaraan pastinya berlomba-lomba untuk menciptakan kendaraan yang ramah lingkungan.

Salah satunya adalah perusahaan di India TVS Motor Company, yang mengeluarkan argumen bahwa mereka akan mengembangkan motor listrik dengan tenaga hidrogen.

Baca Juga: Motor Ini Gunakan Mesin V-Twin, Siap Kalahkan Royal Enfield Hunter

Tenaga alternatif yang digunakan sebagai tenaga dari kendaraan bermotor memanglah banyak. Salah satunya adalah tenaga hidrogen.

Tenaga hidrogen bisa disamakan seperti tenaga baterai, dapat menghasilkan tenaga listrik namun bisa diisi ulang dengan instan seperti bensin.

Proses pengembangan produk ini diawali oleh Kawasaki dan Yamaha. Bahkan pabrik di Jepang ikut serta dalam riset namun mereka lebih berfokus pada motor tipe sport. Sedangkan TVS akan berfokus pada motor matic.

Baca Juga: Apakah Laptopmu Sering Me-Restart Sendiri? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya Yuks

TVS Motor Company kini telah dinyatakan sudah memasuki tahap pembuatan kerangka bagian depan yang memberikan rangka dua tabung gas hidrogen di bagian depan.

Tabung gas hidrogen nantinya akan terhubung dengan selang dan lubang pengisian di bawah jok, mirip seperti kendaraan bermesin bensin. Sementara di bawah jok juga terdapat baterai, tentunya untuk memudahkan proses lepas pasang jika diperlukan.

Berhubung motor ini merupakan motor tenaga listrik motor listrik, tentunya ada motor penggerak dan pakai model hub drive seperti TVS iQube yang bertenaga 4,4 kW.

Baca Juga: Resolusi Tahun 2023: Lenovo Luncurkan Teknologi Terbaru, Teknologi Project Chronos di CES

Untuk pengisian tenaga motor ini cukup isi ulang gas hidrogen di stasiun pengisian terdekat. Sehingga meskipun baterainya habis, motor bisa dikendarai kembali tanpa perlu mengisi ulang baterai yang butuh waktu lebih lama.

Dengan informasi dikembangkannya motor listrik dengan tenaga hidrogen ini, dipercaya bahwa produk ini akan dilengkapi fitur pengereman regeneratif, sehingga bisa mengisi ulang daya baterai secara otomatis saat proses deselerasi.

Halaman:

Editor: Tim Editor Muda Bahagia 02

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X