• Kamis, 9 Februari 2023

Hati-hati, Hal Berikut Ini Bisa Membawa Kamu Ke Dalam Jeratan Hacker

- Senin, 9 Januari 2023 | 13:53 WIB
Akun Instagram MUA Terkenal Ponorogo Diretas, Lakukan Cara Ini agar Terhindar dari Hacker. (Freepik/@freepik)
Akun Instagram MUA Terkenal Ponorogo Diretas, Lakukan Cara Ini agar Terhindar dari Hacker. (Freepik/@freepik)

MUDA BAHAGIA - Kecanggihan teknologi tidak menutup kemungkinan adanya kejahatan. Meski sudah dikelilingi berbagai kecanggihan, tetap saja masih terdapat kejahatan dimana saja. Salah satunya adalah kejahatan yang disebabkan oleh Hacker.

Kejahatan dunia maya ini bisa dikenal dengan Cyber Crime. Salah satu bentuk kejahatannya bisa disebabkan oleh kelalaian penyimpanan password media sosial.

Baca Juga: Python Ditetapkan Sebagai Bahasa Pemrograman Paling Populer, Inilah Alasannya

Untuk mengantisipasi terjadinya hal tersebut, kamu harus rutin mengganti password media sosial kamu secara berkala. Karena jika password kamu jatuh ke tangan hacker maka, kemungkinan akan membahayakan data milikmu.

Namun, jika mengganti password secara berkala dinilai susah. Kamu juga bisa menghindari hal ini. Inilah hal penting yang bisa membawa kamu masuk dalam jeratan hacker.

1. Phishing

Baca Juga: Tahukah Kamu, Google Punya Game yang Bikin Nostalgia Loh, Simak Yuk Game Apa Saja?

Phishing merupakan salah satu metode pengumpulan kredensial, yang sebagian besar mengandalkan kesalahan manusia. Penjahat dunia maya memiliki banyak waktu untuk mengembangkan berbagai trik rekayasa sosial dan taktik penyamaran.

Bahkan, tidak sedikit dari profesional yang terkadang, tidak dapat membedakan email phishing dari yang asli secara sekilas. Jadi, jika kamu mendapatkan sebuah link tanpa informasi yang jelas, jangan langsung klik ya!

2. Malware

Baca Juga: Benarkah Industri Penambangan Kripto Akan Merosot Kembali di Tahun 2023 Ini? Hoax atau Fakta?

Malware aktif bertujuan untuk menunggu hingga pengguna masuk ke beberapa tisu atau layanan, dan menyalin kata sandi lalu mengirimkan kembali ke pembuatnya.

Jika tidak menggunakan solusi keamanan, Trojan dapat bersembunyi di komputer tanpa terdeteksi selama bertahun-tahun. Pengguna tidak akan tahu bahwa ada sesuatu yang salah, karena tidak menyebabkan kerusakan yang terlihat. Cukup dengan melakukan tugasnya secara diam-diam.

Trojan stealer bukan satu-satunya malware yang memburu password. Penjahat siber kadang menyuntikkan skimmer web di situs, dan mencuri apa pun yang dimasukkan oleh pengguna, termasuk kredensial, nama, detail kartu pembayaran, dll.

Halaman:

Editor: Tim Editor Muda Bahagia 02

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X