• Kamis, 8 Desember 2022

Bangun Lingkungan Kerja yang Baik Untuk Penyandang Disabilitas, Inilah Tanggapan dari Kemenaker

- Selasa, 20 September 2022 | 20:57 WIB
Pemerintah Komitmen Bangun Iklim Ketenagakerjaan yang Ramah Bagi Penyandang Disabilitas. (Dok/kemnaker.go.id)
Pemerintah Komitmen Bangun Iklim Ketenagakerjaan yang Ramah Bagi Penyandang Disabilitas. (Dok/kemnaker.go.id)

MUDA BAHAGIA - Bangun lingkungan kerja yang baik untuk Penyandang Disabilitas adalah hal yang wajib dilakukan pada setiap tempat.

Namun, tak dipungkiri bahwa hingga kini masih terdapat perilaku diskriminasi terhadap Penyandang Disabilitas dalam lingkungan kerja.

Belum lama ini pihak Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Indonesia berkomitmen untuk membangun lingkungan kerja yang ramah terhadap penyadang disabilitas.

Baca Juga: 21 Septemper Diperingati Sebagai World Alzheimer's Day: Yuks, Kenali Lebih Jauh Apa Itu Alzheimer?

Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Kementerian Ketenagakerjaan, Haiyani Rumondang, mengatakan,

"Pemerintah Indonesia memang memiliki komitmen untuk selalu meningkatkan perlindungan ketenagakerjaan, termasuk kepada penyandang disabilitas yang merupakan bagian dari angkatan kerja di Indonesia".

Peningkatan perlindungan dilakukan mengingat era digital memiliki dampak yang cukup besar terhadap dunia ketenagakerjaan.

Baca Juga: Budayakan Kesenian Reog, Mahasiswa KKN 334 UNS Gelar Pentas Seni Reog di Desa Klesem

Dirjen Haiyani menjelaskan, perlindungan kepada penyandang disabilitas sejalan dengan amanat Undang-Undang Ketenagakerjaan Nomor 13/2003 pasal 5,6 dan 67 bahwa negara menjamin persamaan dan perlakuan yang tidak diskriminatif dalam memperoleh pekerjaan, serta negara mewajibkan pengusaha untuk memberikan perlindungan kepada penyandang disabilitas.

Halaman:

Editor: Tim Editor Muda Bahagia 02

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Guru Berkualitas: Tombak Pengelolaan Media Sekolah

Jumat, 28 Oktober 2022 | 11:14 WIB

Terpopuler

X