• Kamis, 9 Februari 2023

Intip Yuks, Sejarah Hari Antikorupsi Sedunia yang Jatuh Pada Tanggal 9 Desember!

- Rabu, 7 Desember 2022 | 16:29 WIB
Ilustrasi ucapan selamat Hari Anti Korupsi Sedunia 9 Desember 2022. (Freepik.com/freepik)
Ilustrasi ucapan selamat Hari Anti Korupsi Sedunia 9 Desember 2022. (Freepik.com/freepik)

MUDA BAHAGIA - Tanggal 9 Desember ditetapkan sebagai Hari Antikorupsi Sedunia guna mengajak masyarakat luas untuk mengurangi terjadinya tindak korupsi yang merajalela.

Tahun 2022 ini, Hari Antikorupsi Sedunia jatuh pada hari Jumat, 9 Desember 2022. Dilansir dari laman resmi KPK, tema Hari Antikorupsi Sedunia 2022 kali ini adalah "Indonesia Pulih Bersatu Lawan Korupsi".

KPK ingin mengajak dan memperkuat peran serta masyarakat dalam upaya memerangi korupsi. Memberantas korupsi membutuhkan peran serta seluruh elemen masyarakat di negeri ini tanpa terkecuali.

Baca Juga: Suka Nonton Anime? Inilah Rekomendasi Anime Genre Military yang Wajib Kamu Tonton!

Dibalik peringatan Hari Antikorupsi Sedunia ini, terdapat kisah dan sejarah dibaliknya. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut adalah sejarah Hari Antikorupsi Sedunia.

Dilansir dari situs PBB, Majelis Umum mengadopsi Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk menentang korupsi pada 31 Oktober 2003.

Kemudian, Majelis Umum juga meminta Sekretaris Jenderal untuk menunjuk kantor PBB sebagai sekretariat konferensi sekaligus kantor yang menanggulangi narkoba dan kejahatan (Nations Office on Drugs and Crime).

Baca Juga: Jangan Lewatkan, Inilah Jadwal Lengkap Rekrutmen BUMN 2022!

Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) adalah bentuk komitmen dunia melawan korupsi yang diperingati setiap tahun pada tanggal 9 Desember.

Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap korupsi dan peran konvensi dalam memerangi dan mencegahnya. Hari Antikorupsi Sedunia berlaku sejak Desember 2005.

Melalui Hakordia, negara-negara di seluruh dunia ingin menunjukkan peran dan tanggung jawabnya dalam upaya pemberantasan korupsi yang telah menjadi kejahatan luar biasa.

Baca Juga: BUMN Buka Batch 2, Simak Syarat Pendaftaran Rekrutmen BUMN Sekarang Juga!

Di Indonesia, KPK menggelar peringatan Hari Antikorupsi Sedunia melalui sosialisasi, kampanye, dan penyadaran bahaya korupsi kepada masyarakat.

Hakordia tahun 2022 adalah salah satu upaya menyampaikan laporan kepada publik tentang langkah pencegahan dan pemberantasan korupsi yang dilakukan oleh KPK maupun pemangku kepentingan antikorupsi lainnya.

Halaman:

Editor: Tim Editor Muda Bahagia 02

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kontributor TVRI Jateng Ternyata Intel

Kamis, 15 Desember 2022 | 20:33 WIB

Tak Lolos Verifikasi, Partai Umat Merasa Dicurangi

Kamis, 15 Desember 2022 | 10:49 WIB

Sah, Parpol Sudah Memiliki Nomor Urut Untuk 2024

Rabu, 14 Desember 2022 | 23:48 WIB
X