• Kamis, 9 Februari 2023

Link Download Logo Hari Santri 2022 Resmi dari Kemenag RI, Inilah 6 Filosofi Dari Logo HSN

- Jumat, 30 September 2022 | 11:31 WIB
Link Download Logo Hari Santri 2022 Resmi dari Kemenag RI, Inilah 6 Filosofi Dari Logo HSN
Link Download Logo Hari Santri 2022 Resmi dari Kemenag RI, Inilah 6 Filosofi Dari Logo HSN
MUDA BAHAGIA - Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Oktober 2022, pada tanggal 22 Oktober 2022 diperingatinya Hari Santri Nasional.
 
Dari tahun ketahun hari santri ini kerap diperingati di Pondok Pesantren dan disekolah.
 
Hadiah dari Presiden joko Widodo kepada para santri yang menjadi bagian penting dari peradaban dan generasi penerus bangsa.
 
Menteri Agama  telah merilis Tema dan Logo serta Filosofi yang terkandung dalam Hari Santri 2022.
 
Dalam kesempatan itu, Menag juga me-launching tema dan logo peringatan Hari Santri 2022. Tahun ini, peringatan Hari Santri mengangkat tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”. 
 
 
Dalam tema Hari Santri 2022 dikutip dari dokumen resmi Kemenag RI memiliki Makna sebagai berikut:
 
Santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara.
 
Dulu, ketika Indonesia masih dijajah, para santri turun ke medan laga, berperang melawan penjajah. Menggunakan senjata bambu runcing yang terlebih dahulu didoakan Kiai Subchi Parakan Temanggung, mereka tidak gentar melawan musuh. Di Surabaya, Resolusi Jihad yang digelorakan Kiai Hasyim Asy'ari membakar semangat pemuda-pemuda Surabaya melawan Belanda. Resolusi Jihad Kiai Hasyim Asy'ari pada 22 Oktober 1945 silam, yang terhubung dengan peristiwa 10 November yang dikenang sebagal Hari Pahlawan, adalah cikal bakal ditetapkannya tanggal tersebut sebagai Hari Santri.
 
Pada masa ketika Indonesia sudah memproklamirkan diri sebagai negara yang merdeka, santri juga tidak absen. Kiai Wahid Hasyim, Menteri Agama Rl pertama, adalah salah say santri yang terlibat secara aktif dalam pemerintahan di awal-awal kemerdekaan. Dialah, bersama santri-santri lainnya, yang memperjuangkan kemaslahatan umat agama-agama di Indonesia.
 
 
Berdekade-dekade pasca kemerdekaan Indonesia, santri lebih semangat lagi memenuhi panggilan Ibu Pertiwi. Mereka tidak asyik dengan dirinya sendiri, tetapi terlibat secara aktif di dunia perpolitikan, pendidikan, sosial, dan ilmu pengetahuan, selain juga agama. Sejarah mencatat bahwa salah satu presiden Indonesia adalah seorang santri, yaitu Kiai Abdurrahman Wahid. Bahkan saat Inl, wakil presiden Indonesia, Klal Ma'ruf Amin, adalah seorang santri.
 
Catatan-catatan di atas menunjukkan bahwa santri dengan segala kemampuannya bisa menjadi apa saja. Sehingga mengasosiasikan santri hanya dengan bidang ilmu keagamaan tidaklah akurat. Santri sekarang telah merambah ke berbagai bidang profesi, dan memiliki keahlian bermacam-macam.
 
Link Download Logo Hari Santri 2022 Resmi dari Kemenag JPG dan PNG KLIK DISINI
 
 
Mengenal 6 Filosofi dari logo yang telah diresmikan oleh Kemenag RI, simak penjelasan dibawah ini:
 
1. Merangkul
Melingkarkan lengan pada pundak (tubuh, pinggang, dan sebagainya) orang lain sambil melingkarkan kedua lengan. Ini bermakna melindungi, memberikan empati dan kepedulian.
 
2. Jabat Tangan
Mengandung makna keakraban dalam setiap pertemuan, saling berbudaya, memberikan sapa. Mengulurkan tangan untuk saling membantu antar manusia dengan manusia yang lain
 
3. Daun
Daun hijau tidak hanya mengandung makna kehidupan dan energi pada manusia, tetapi juga harapan.
 
4. Infinity
Simbol tak hingga (bahasa Inggris: infinity symbol) yang dilambangkan sebagai ∞, merupakan simbol matematika yang mewakili konsep tak hingga.
 
 
5. Matahari
Matahari terus memberikan cahaya untuk kehidupan manusia. Matahari merupakan sumber energi alam semesta dan penghuninya, mengandung makna daya yang tidak pernah habis.
 
6. Mata
Indera penglihatan manusia, untuk memandang segala hal, melihat keadaan sekitar. Ini mengandung pesan melihat dan mengamati apa yang terjadi dan apa yang bisa diperbuat.
 
Ada tiga warna yang dipilih dalam Logo, yaitu:
- Biru (Cerdas dan Bijaksana),
- Hijau (Religius dan Harmonis), dan
- Oranye (Semangat dan Enerjik)
 
Demikianlah Link Download Logo Hari Santri 2022 Resmi dari Kemenag RI, Inilah 6 Filosofi Dari Logo HSN.***

Editor: Tim Editor Muda Bahagia 01

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kontributor TVRI Jateng Ternyata Intel

Kamis, 15 Desember 2022 | 20:33 WIB

Tak Lolos Verifikasi, Partai Umat Merasa Dicurangi

Kamis, 15 Desember 2022 | 10:49 WIB

Sah, Parpol Sudah Memiliki Nomor Urut Untuk 2024

Rabu, 14 Desember 2022 | 23:48 WIB
X