• Minggu, 3 Juli 2022

Erupsi Gunung Semeru Terkesan Mendadak, Simak Penjelasan dari Ahli!

- Selasa, 7 Desember 2021 | 16:37 WIB
Gunung Semeru  (Linda Setyawati)
Gunung Semeru (Linda Setyawati)

MudaBahagia.com - Sebagai awam dalam menyingkapi erupsi Gunung Semeru yang terkesan mendadak serta melihat kerusakan dan banyaknya korban, wajarlah kiranya jika menyimpulkan demikian.

Pihak terkait seperti Pos Pemantauan Gunung Semeru tidak ada tanda memberi peringatan dini kepada masyarakat sekitar kaki Gunung Semeru.

Padahal jika kita peka, alam selalu memberikan tanda kepada warga sekitar seperti melihat kualitas dan debit air di aliran sungai dari Gunung Semeru.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Kunjungi Lokasi Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Namun sayang sekali warga sekitar tidak menyadari bahwa salah satu tanda itu adalah warning dari Gunung Semeru bahwa akan terjadi erupsi.

Dikutip MudaBahagia.com dari laman Pikiran Rakyat dengan judul "Tidak Mendadak Erupsi, Tanda-tanda Alam Telah Ditunjukkan Gunung Semeru, Simak Penjelasan Ahli."

Menurut Guru Besar Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran, Prof Nana Sulaksana mengatakan, erupsi Gunung Semeru pada Sabtu lalu tidak mendadak atau tiba-tiba.

Prof Nana Sulaksana menjelaskan, sebelumnya sudah terjadi letusan. Akan tetapi, letusan pada Sabtu lalu diakui Prof Nana Sulaksana cukup besar dan secara kebetulan curah hujan sedang tinggi.

Baca Juga: Misteri Ramalan Jayabaya tentang Pulau Jawa yang Akan Terbelah dengan Erupsi Gunung Semeru

Halaman:

Editor: Muda Bahagia

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X