• Kamis, 19 Mei 2022

Gunung Semeru Erupsi, Tim Gagungan Bergegas Evakuasi Warga Terdampak

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 18:38 WIB
erupsi gunung semeru
erupsi gunung semeru

MudaBahagia.com - Gunung-Semeru">Gunung Semeru sore ini 4 November 2021 sekitar pukul 15.00  mengalami erupsi. Gunung yang terletak di kabupaten Lumajang Jawa Timur ini termasuk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Dalam video yang beredar di media sosial, terlihat semburan awan panas yang mulai mendekati area permukiman warga lereng gunung. Terlihat warga sekitar panik dan berhamburan menyelamatkan diri menjauhi semburan awan panas.

Baca Juga: Video Viral! Warga Panik Akibat Gunung Semeru Meletus

BPBD Kabupaten Lumajang dibantu masyarakat sekitar bergegas melakukan evakuasi warga, hingga berita ini diturunan evakuasi masih berlangsung.

Dalam wawancaranya dengan MetroTV melalui telepon, Abdul Muhari selaku PLT Kapusdatin dan Komunikasi BNPB mengatakan bahwa berdasarkan laporan dari satelit Himawari yang diterima BMKG bahwa pergerakan abu vulkanik bergerak kearah barat daya dan sudah berada di atas Samudra Hindia.

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus, Langit Kabupaten Lumajang Gelap Gulita Seperti Malam

Abdul Muhari juga mengatakan bahwa warga yang terdampak erupsi Gunung-Semeru">Gunung Semeru diradius 1-5km diwajibkan untuk mengungsi dan segera dievakuasi.

Erupsi Gunung-Semeru">Gunung Semeru sudah terjadi pada Jumat Malam (3/12) dan intensitasnya semakin besar sampai Sabtu sore ini (4/12).

Tim gabungan yang terdiri dari Tim TNI Polri, BPBD dan para relawan yang berada dilokasi masih terus berpatroli dan menghibau kepada warga desa Sumberwuluh dan Sumberrejo kec. Candipuro kabupaten Lumajang.

Halaman:

Editor: Muda Bahagia

Sumber: MetroTV News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X