• Jumat, 12 Agustus 2022

Asal usul Lotek Bandung Makanan Khas Sunda

- Jumat, 5 November 2021 | 14:46 WIB
lotek bandung makanan khas sunda  (AyoBandung.com/Eneng Reni)
lotek bandung makanan khas sunda (AyoBandung.com/Eneng Reni)

MudaBahagia.com- Siapa yang tak kenal lotek ? kuliner yang banyak ditemui jika sedang berada di bandung ini merupakan salah satu makanan khas sunda.

Jenis kuliner lotek di Bandung memiliki 2 macam yaitu dengan memakai sayuran yang mentah dan ada juga yang memakai sayuran matang. atau dalam bahasa sunda dinamakan lotek asak dan lotek atah.

Secara umum sayuran yang ada di dalam lotek diantaranya kangkung, kol, kecambah, kacang panjang dan labu siam. Bumbu pecel nya terdiri dari kacang tanah, gula merah, bawang putih, cabe, kencur, garam, kentang, jeruk purut dan ditambah dengan air matang.

Baca Juga: Daftar HP Baru yang Rilis di Akhir Tahun 2021, dari Samsung Xiaomi dan Iphone.

Kata lotek berasal dari bahasa sunda kuno yaitu latak yang berarti lumpur. Adapun menurut Prof Drs S Wodjowasito 1977 dalam bahasa kawi juga mengatakan kata lotek berasal dari latek yang berarti lumpur. Sehingga diperkirakan kuliner ini sudah ada sejak bahasa kawi digunakan.

Sekilas lotek hampir mirip dengan gado-gado kuliner khas jakarta yang memiliki campuran yang sama yaitu rebusan sayuran yang disiram bumbu kacang. Namun perbedaan dari lotek rasanya lebih manis dari pada gado-gado.

Pembuatan bumbu pecel pada lotek juga dibuat dadakan di dalam sebuah wadah bernama coet diremukan dengan mutu batu. Tidak sama dengan bumbu kacangnya gado-gado yang siap jadi.

Baca Juga: Sinopsis Sinetron Ikatan Cinta 5 November 2021, Elsa Akhirnya Mengaku dan Teror Pun Selesai

Lotek khas sunda penyajiannya bisa ditambah dengan uras yang dipotong potong kecil, dan tahu goreng ke dalam lotek. Lalu ditaburi dengan bawang sumenep dan kerupuk semakin menambah kenikmatan lotek saat dimakan.***

Halaman:

Editor: Muda Bahagia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X