• Kamis, 8 Desember 2022

Fenomena Bayi Kembar Siam: Simak Penyebab dan Berbagai Kondisinya Yuks!

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 18:59 WIB
Proses persalinan bayi kembar siam di RSMH Palembang. (Dok. Ist)
Proses persalinan bayi kembar siam di RSMH Palembang. (Dok. Ist)

MUDA BAHAGIA - Fenomena bayi kembar siam sering terjadi diberbagai negara belahan dunia. Salah satunya adalah Indonesia. Ada beberapa nama Rumah Sakit di Indonesia yang pernah menangani fenomena ini.

Namun, dalam konteks kali ini, fenomena bayi kembar siam kerap mengundang banyak pasang mata. Banyak ditemukan kasus yang menghadirkan berbagai resiko yang tinggi.

Pertumbuhan yang terjadi pada bayi kembar dalam masa kandungan yang terkadang menyebabkan salah satu anggota tubuh mereka menyatu.

Baca Juga: Inilah Potret Kedekatan Ryujin ITZY dengan Bang Chan Stary Kids yang Diabadikan Oleh Penggemar

Pada umumnya, kembar siam merupakan situasi langka yang terjadi selama kehamilan, persalinan, dan bayi lahir. Hal ini menyebabkan kedua bayi tersebut memiliki fisik yang terikat satu sama lain.

Kembar siam sendiri merupakan monozigot yang artinya mereka merupakan satu sel telur yang dibuahi lalu membelah diri menjadi dua embrio. Biasanya kondisi ini juga yang menyebabkan bayi menjadi kembar identik.

Namun, terjadi kelainan pada proses pembelahan tersebut sehingga pemisahan embrio tidak lengkap. Hal tersebut yang menyebabkan kedua bayi tersebut memiliki fisik yang masih menyatu.

Baca Juga: Sinopsis Yang Hilang dalam Cinta Diperankan Oleh Reza Rahardian, Sheila Dara dan Dion Wiyoko

Hingga saat ini belum diketahui bagaimana proses kelainan tersebut dapat terjadi. Dokter sendiri memperkirakan kondisi ini terjadi 1 dari 200.000 kelahiran.

Halaman:

Editor: Tim Editor Muda Bahagia 02

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X