• Kamis, 9 Februari 2023

Bagaimana Pandangan Islam Tentang Hukum Memanjangkan Kuku Tangan? Bagaimana Tanggapan Dari Tim Kesehatan?

- Senin, 23 Januari 2023 | 07:42 WIB
Ilustrasi kuku (Pixabay.com/picjumbo_com)
Ilustrasi kuku (Pixabay.com/picjumbo_com)

MUDA BAHAGIA - Memiliki kuku panjang, bersih, indah dan lentik tentunya menjadi harapan semua wanita. Tak jarang, ada beberapa wanita yang memutuskan untuk memanjangkan kuku mereka.

Namun, tahukah kamu hukum memanjangkan kuku menurut agama islam? Lantas, bagaimana dengan tanggapan mengenai memanjangkan kuku menurut tim kesehatan?

Agama islam tentunya melarang semua umat islam untuk memanjangkan kuku. Memanjangkan kuku dapat mendatangkan kemudharatan (bahaya) baik dalam kegiatan sehari-hari maupun bagi kesehatan.

Baca Juga: Tahukah Kamu Fakta Dibalik Hari Senin? Simak, Inilah Beberapa Fakta Dibalik Hari Senin

Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan berikut mengenai pandangan islam tentang hukum memanjangkan kuku dan tanggapan dari tim kesehatan terkait memanjangkan kuku.

Dalam Islam, para ulama sepakat bahwa hukum memanjangkan kuku adalah tidak diperbolehkan apapun tujuannya. Larangan tersebut sangat berdasar karena dianggap bertentangan dengan sunnah.

Sunnah tersebut bukan hanya dari Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam saja, akan tetapi sunnah para nabi yang terdahulu.

Baca Juga: Sering Mimpi Buruk? Jangan Lewatkan Baca Doa Ini Saat Dapat Mimpi Baik atau Buruk

Rasulullah SAW menyuruh umatnya untuk memotong kuku setiap jangka waktu tertentu, dan tidak memanjangkannya. Sebagaimana Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

"Kami diberi tenggat waktu untuk memotong kumis, memotong kuku, dan mencukur rambut ketiak dan mencukur rambut kemaluan, yaitu hendaknya tidak dibiarkan lebih dari 40 hari". (HR. Muslim dalam Kitab Thaharah, bab Khishal Al Fithrah, no. 258)

Dalam hadist tersebut dijelaskan terdapat sunah yang berkaitan dengan fitrah manusia, yakni khitan, memotong kuku, mencukur bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, dan menipiskan kumis.

Baca Juga: Baca Doa Ini, Hempaskan Masalah dan Mampu Buat Pikiranmu Tenang

Kuku dan bagian tubuh lainnya boleh dibiarkan panjang dan tidak dipotong atau dicukur selama jangka waktu maksimal 40 hari saja.

Selain ditinjau secara hukum syariat Islam, memanjangkan kuku juga ternyata menyimpan kemudharatan (bahaya) bagi kesehatan manusia. Berikut adalah tanggapan dari tim kesehatan terkait memanjangkan kuku.

Halaman:

Editor: Tim Editor Muda Bahagia 02

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Doa Untuk Kedua Orang Tua

Kamis, 22 Desember 2022 | 17:36 WIB

Doa Agar Terbebas dari Hutang

Selasa, 13 Desember 2022 | 18:50 WIB
X