• Kamis, 8 Desember 2022

Bagaimanakah Pendapat Para Ulama Tentang Hukum Berkurban Untuk Orang yang Sudah Meninggal?

- Rabu, 6 Juli 2022 | 21:37 WIB
Iduk Adha Hari Raya Kurban  (tangkapan layar/okey bro)
Iduk Adha Hari Raya Kurban (tangkapan layar/okey bro)

MUDA BAHAGIA - Hari Raya Qurban atau Hari Raya Idul Adha tinggal menunggu beberapa hari lagi. Seluruh umat muslim diseluruh penjuru dunia akan melaksanakan hari raya tersebut.

Hari Raya Qurban ini dilakukan oleh seluruh umat islam dalam rangka memperingati perjuangan Nabi Ibrahim a.s bersama anaknya yaitu Nabi Ismail a.s untuk mengikuti perintah Allah SWT.

Baca Juga: Bernuansa Pondok Pesantren, Inilah Sinopsis Film 'Ranah 3 Warna' yang Diadaptasi Dari Kisah Novel

Melaksanakan ibadah kurban adalah sunnah muakkad atau sangat dianjurkan. Rasulullah SAW pernah menjelaskan bahwa ibadah kurban bersifat wajib bagi beliau, tetapi sunah bagi umatnya.

Dalam sebuah hadis riwayat At-Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda: "Aku diperintahkan (diwajibkan) untuk berkurban, dan hal itu merupakan sunnah bagi kalian".

Hukum berkurban tapi masih punya hutang? (pixabay)

Lalu, bagaimanakah pendapat para ulama tentang hukum berkurban bagi orang yang sudah meninggal? Simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: Wow! Inilah Kecanggihan Teknologi AI Militer Israel: Bisa Memantau Orang Dalam Ruangan Berdinding Tebal

Hukum ibadah kurban ditegaskan oleh Allah SWT dalam Al-Qur'an surat al-Kautsar ayat 1 dan 2. "Sungguh, Kami telah memberimu telaga kautsar, maka laksanakanlah sholat karena Tuhanmu dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah)".

Halaman:

Editor: Tim Editor Muda Bahagia 02

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X