• Kamis, 8 Desember 2022

Kapan Malam Lailatul Qadar Terjadi pada Ramadhan 2022? Kenali Ciri-Cirinya Disini!

- Jumat, 22 April 2022 | 20:14 WIB
ilustrasi, Kapan malam Lailatul Qodar terjadi pada Ramadhan 2022? simak ciri-cirinya disini!
ilustrasi, Kapan malam Lailatul Qodar terjadi pada Ramadhan 2022? simak ciri-cirinya disini!

MUDA BAHAGIA – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat istimewa bagi umat Islam. Dimana di bulan Ramadhan amalan-amalan manusia (umat Islam) ganjarannya dilipat gandakan.

Selain itu salah satu keistimewaan di bulan Ramadhan yang tidak ada dibulan-bulan lainnya adalah malam Lailatul Qodar. Malam Lailatul Qodar yang lebih baik dari seribu malam biasa.

Kapan malam Lailatul Qodar terjadi pada bulan Ramadhan 2022? Sebagian ulama berpendapat bahwa malam Lailatul Qodar biasanya terjadi pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan.

Baca Juga: Hari Puisi Nasional Kamis, 28 April: Berikut Kumpulan Puisi Karya Chairil Anwar

Tidak heran pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, mesjid ataupun mushola-mushola dipenuhi oleh umat Islam yang melakukan Itikaf. Umat Islam melakukan Itikaf di mesjid ataupun mushola untuk melakukan sholat malam, tilawah, dzikir serta doa bersama untuk meraih malam Lailatul Qodar.

Seperti sabda Nabi Muhammad SAW yang menyebutkan bahwa malam Lailatul Qodar terjadi di bulan Ramadhan dimana malam Lailatul Qodar lebih baik dari seribu bulan.

 إِنَّ هَذَا الشَّهْرَ قَدْ حَضَرَكُمْ وَفِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ مَنْ حُرِمَهَا فَقَدْ حُرِمَ الْخَيْرَ كُلَّهُ وَلاَ يُحْرَمُ خَيْرَهَا إِلَّا  مَحْرُومٌ  

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah Buka Puasa dan Waktu Sholat Sabtu 23 April 2022 DKI Jakarta di Bulan Ramadhan 2022

Artinya, "Sesungguhnya bulan ini (Ramadhan) telah datang kepada kalian. Padanya terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Siapa saja yang terhalangi darinya, sungguh ia telah terhalangi dari semua kebaikan. Dan tidak ada yang terhalangi (darinya), kecuali orang yang memang terhalangi dari kebaikan)” (HR Ibnu Majah).

Halaman:

Editor: Tim Editor Muda Bahagia 03

Sumber: NU Online

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X