• Kamis, 9 Februari 2023

Intip Fakta Menarik Negara Gambia Yuks, Negara Republik Islam di Benua Afrika

- Sabtu, 14 Januari 2023 | 09:20 WIB
9 Rekomendasi makanan dan camilan di benua Afrika (Unsplash.cpm/ Mariola Grobelska)
9 Rekomendasi makanan dan camilan di benua Afrika (Unsplash.cpm/ Mariola Grobelska)

MUDA BAHAGIA - Tahukah kamu bahwa di Benua Afrika terdapat satu negara yang penduduknya mayoritas menganut sistem pemerintahan republik multipartai. Negara tersebut adalah Gambia.

Negara Gambia ini terletak di bagian barat dari Benua Afrika yang terletak di pantai Atlantik dan dikelilingi oleh negara tetangga Senegal di sisi utara, timur dan selatan, serta Samudra Atlantik di bagian barat.

Baca Juga: Laris Manis di Pasar India, Inilah Bentuk Peningkatan Dari Hasil Penjualan Mercedes-Benz di India

Ibu kota Gambia adalah Bandul. Negara miskin bekas koloni Inggris yang terkenal lantaran pantai pasir putihnya itu menganut sistem pemerintahan republik multipartai.

Namun, tahukah kamu ada fakta dibalik Negara Gambia ini loh. Yuks, kita simak fakta menarik dari Negara Gambia yang mendapat julukan Negara Republik Islam di Benua Afrika.

1. Republik Islam Kedua di Afrika

Baca Juga: Inilah Bentuk Kerja Sama Antar Negara, Bantu Proses Penyelidikan Kejahatan Perang Ukraina

Negara Gambia merupakan negara dengan mayoritas penduduk beragama islam. Hampir 95 % dari total penduduknya memeluk agama Islam. Selain itu ada juga masyarakat yang memeluk agama Kristen, Katolik Roma dan masih ada yang percaya dengan kepercayaan tradisional.

Presiden Gambia, Yahya Jammeh, mendeklarasikan negaranya di Afrika Barat sebagai republik Islam, pada rapat umum politik, 11 Desember 2015. Hal ini juga dijadikan sebagai bentuk pelepasan diri dari masa lalu kolonial Gambia.

2. Etnis

Baca Juga: Simak Yuks, Inilah Rekomendasi Film Action Jepang Terbaru, Wajib Banget Nonton Loh

Kelompok etnis utama Gambia terbilang mirip dengan yang ada di Senegal dan terdiri dari mayoritas Malinke dan termasuk suku Wolof, Fulani (Fulbe), Diola (Jola), dan Soninke. Adapun Diola (Jola) adalah penduduk terlama di negara ini, mereka sekarang sebagian besar menempati Gambia barat.

Bahasa Inggris merupakan bahasa resmi Gambia, tetapi bahasa yang paling sering digunakan umumnya adalah cabang Atletik dari keluarga Niger-Kongo.

3. Sejarah

Halaman:

Editor: Tim Editor Muda Bahagia 02

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X