• Kamis, 19 Mei 2022

Warisan Mendunia, Ini Dia Sejarah Singkat Budaya Musik Angklung

- Kamis, 11 November 2021 | 14:27 WIB
Acara angklung mendunia 2021 (Tangkap layar @YouTube )
Acara angklung mendunia 2021 (Tangkap layar @YouTube )

MudaBahagia.com - Angklung menjadi budaya asal Jawa Barat yang berhasil diperkenalkan pada dunia. Warisan yang sangat berharga dan perlu kita jaga.

Sebelum mengenal angklung, kita perlu tahu apa saja asal-usul atau sejarahnya. Berikut sejarah singkat musik angklung.

Dahulu, angklung dijadikan alat musik untuk tradisi kegiatan kepercayaan. Angklung hadir sejak zaman hindu, angklung pernah dipakai pada upacara ritual keagamaan (persembahyangan) sebagai pengganti bunyi bel pertanda upacara dimulai.

Baca Juga: Jadi Pembeli Cerdas, Ini Dia Tips Memilih Ikan Segar

Pada masa kerajaan Padjajaran, alat musik ini digunakan oleh tentara kerajaan saat perang Bubat untuk menggempurkan semangat bertempur.

Angklung merupakan alat musik tradisional asli Indonesia, terutama dari Jawa Barat. Tidak tahu dari kapan angklung mulai dibuat, karena alat musik ini terbuat dari bambu.

Baca Juga: Ternyata Mudah, Ini Dia Cara Menanam Strawberry Agar Tumbuh dengan Baik

Jaman dahulu, bambu sangat idemtik digunakan penduduk Indonesia suntuk membuat rumah, perabot rumah tangga, dan kerajinan. Bahkan bambu juga sering digunakan sebagai bahan makanan.

Ada banyak jenis angklung di Indonesia, yaitu Angklung Kanekes, Angklung Dogdog Lojor, Angklung Gubrag, Angklung Badeng, dan  Angklung Buncis.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Hari Ayah 12 November 2021 Penuh Cinta dan Makna

Halaman:

Editor: Sarah Nabila Azzahra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X